Kamis, 10 Juni 2010

karena lie

Hancur…sudah semuanya. Disaat anggie sedang melamun kebingungan membayangkan sesuatu yang mungkin terjadi disekolah barunya nanti. Tiba-tiba ada seorang yang menghampirinya, ternyata itu mamanya anggie.
“Gie, si doni kan dapat SMPnya sama kay kamu” mamanya ngomong sambil berjalan menuju dapur.
“OOhhh…emang dia kelas berapa ma?“ Anggie kaget.
“Mama gak tau“
Mendengar kalau doni satu sekolahan dengannya dan teman-temannya di SD. Hatinya semakin gak tenang karna dia takut kalau teman-teman SDnya ketemu sama doni. Dan takut kebohongannya selama ini ketauan.
“Ahhhh bteeeee beud…harus gimana? Mana minggu depan udah masuk, tapi seneng sich bisa ketemu terus” dalam hatinya.
Cuma gara-gara gak mau dibilang suka sama satrio. Satrio adalah cwo cakep tapi super resek dan nyebelin banget di SDnya waktu itu. Anggie ngarang cerita ke teman-temannya, kalau dia gak suka sama satrio tapi suka sama cwo lain. Cwo itu gak lain dan gak bukan, iyalah doni. Tanpa pikir panjang hanya dengan modal berpikir, doni gak mungkin ketemu sama temen-temennya. Anggie jadi ngarang cerita itu. Walau yang anggie suka itu satrio. Sekarang setiap anggie ketemu doni, dia malah jadi deg…deg kan gak jelas. Walau anggie berteman sama doni udah dari kecil. Belakangan ini anggie jadi salah tingkah kalau ketemu doni.
“Oh my god…kenapa dengan hamba-Mu ini?”
Anggie malu kalau cwo yang dia suka tau, kalau dia menyukainya. Makanya dia gak pernah ngaku yang sebenarnya.

Keesokan harinya, setelah merapikan kamar. Anggie duduk sendiri diteras, sambil melamun anggie mengingat kenangannya bersama satrio diwaktu di SD. Walau hanya sepele, itu kenangan yang lucu bersama cwo super resek. Dulu gak tau kenapa, gak ada angin, satrio pegang tangannya anggie. Waktu itu ada sri sama taufan yang liat satrio pegang tangan anggie.
“Satrio, lo ngapain pegang tangannya anggie?” Tanya sri sambil ketawa.
“Hahahahaha…kucing sama tikus uda akur! Uhh…si satrio mukanya merah, pas ketauan pegang tangan si anggie” Ledek teman sekelasnya.
“Gw salah pegang tangan tau, tadinya gw mau pegang tanggannya taufan. Mau cek badannya sich panas banget apa gak” Satrio malu.
“Iya...iya kita percaya kok, beneran juga gak kenapa-kenapa io”
“hahahahahahah” Sorak teman-teman sekelasnya.
Anggie hanya diam, mendengarkan satrio di ledekin teman sekelas. Tapi mukanya juga merah, karna dia malu di campur seneng. Tapi pas dia kelas 6, satrio pacaran sama arnita temen satu sekolah mereka. Arnita, cwe cantik beda sama anggie yang tomboy dan manis. Mulai dari situ anggie melupakan satrio. Dan berusaha jauh dari satrio, juga beda SMP dengannya.

Tapi anggie harus satu SMP sama doni. Doni adalah teman dari kecilnya, teman di TK dan teman main dirumah. Dulu anggie dan doni gak bisa dipisahkan saking mereka akrab banget.
“Uhh…kenapa sich harus satu sekolahan? Walau seneng tapi kan jadi ribet. Malu kalau ketauan boong” anggie cemberut karna harus satu sekolahan sama doni.
Apa yang selama ini anggie bayangin, ternyata terbukti juga. Hari pertama mask sekolah, masih aman. Teman-temannya yang satu SD dengannya belum tau kalau doni sekolah disitu juga. Setelah seminggu lebih anggie masuk sekolah, doni jadi aneh.
“Apa karna doni negor, gw cuek aja? Atau karna doni ngira gw suka sama dia. Sumpah nyebelin banget, gak ada yang bisa jawab. Pulang sekolah ketemu juga gak pernah negor, yang ada doni malah ngindar terus. Disekolah juga begitu. Aduh kenapa sich jadi begini. Masa pertemanan dari kecil harus hancur, cuma gara-gara ini semua. Ohh…gimana dong!!!” Pikir anggie dalam hatinya.
Anggie berusaha buat mencari jawabnya. Dia mencoba cari perhatian doni cuma buat tanya perubahan sikap dia selama ini. Mungkin karna ada teman-teman disekolah yang sering ngledekin dia sama anggie. Karna keseringan memperhatiin si doni, anggie malah jadi suka beneran sama doni. Sampe jam pelajaran, anggie selalu berusaha buat duduk dekat pintu, biar bisa liat doni. Apalagi kalau doni lagi pelajaran olahraga. Karna, walau sudah jam istirahat biasanya kelasnya doni masih olahraga. Jadi anggie bebas memandanginya tanpa susah payah. Di tambah setiap ada cwo yang suka sama dia. Anggie berusaha jangan sampe doni tau. Wah bisa-bisa doni malah semakin ngjauh dari anggie. Gosip anggie pacaran sama doni sampe 99% guru-guru tau semua. Sampe nama anggie diganti yang harusnya “Anggie Citra Lestari” jadi “Anggie Pratama”. Doni juga sama yang harusnya “Doni Pratama” jadi “Doni Citra Lestari”. Tapi anggie harus kecewa lagi, untuk sekian kalinya.
“Gie...tau gak si doni pacaran sama ina kelas 8-3”. Temen sekelasnya memberitaunya.
“owh…terus kenapa ??”
“Cie…cie…cie, cemburu non ??” Ledek ajie sahabatnya.
“Apaan si lo jie. Kaya gak ada cwo lain aja”.
“Iya…santai aja. Ntar cari lagi , iya gak los!!” Ledek ajie
“Dasar bebek”
Dalam hatinya, membandingkan dirinya dengan ina. Ina, anak geng cwe-cwe sok berkuasa disekolah. Sedangkan dia biasa-biasa aja.
“Habis sudah cara Qu buat deketin doni lagi” Dalam hatinya kesal.
Untuk mengalihkan pembicaraan, karna kesal mendengar teman-temannya ngledekin dia.

“Lo tau gak…ditempat les gw ada cowok cakep. Heheheh…!” anggie senang keesokan harinya dikelas, menceritakannya kejadian kemarin sore ditempat les bimbelnya pada Ajie, sahabatnya sejak kelas 1 dan teman curhatnya.
“Ya udah deketin aja. Tapi bukannya lo pindah hari lesnya?” Tanggap ajie.
“Gak mau ah…iya gw pindah hari udah hampir 3 minggu, sekarang gw malah satu kelas sama teman gw di SD sama di TK. Hahahha…kaya reunian aja. Tapi teman gw ada yang suka sama tu cwo” jawab anggie.
“Begitu toh…tapi lo suka gak sama dia? Namanya siapa?” Tanya ajie.
“Gak mungkin suka-lah. Teman gw si oliv tu suka sama machel. Apalagi dia minta gw dan teman gw yang lain kaya sabila,femy dan cindy buat nyomblangin dia sama machel. Tapi kata si oliv sikap machel cuek sama dia, terus susah buat diajak ngobrol berdua. Tapi menurut gw, si machel gak begitu. Buktinya kemaren gw baru pertama kali masuk kelas itu. Dia asyik orangnya” Jawab anggie.
“Mungkin aja dia ngrasa lo asyik. Lo kan gokil plus gila” Ledek ajie.
“Sial lo”
“Jangan-jangan itu cwo suka sama lo lagi!!”
“Gak mungkinlah jie” Anggie jadi heran, kenapa ajie ngomong gitu.
“Kenapa gak mungkin. Ayo jangan sampe diambil orang lagi, gara-gara lo gengsi. Lagipula lo cwe yang asyik, buat gokil-gokilan. Sayangnya lo tau bejatnya gw dan jadi sobat karib gw, kalau gak dari dulu gw pacarin lo. Hahhahahahaha…dah jangan bilang gak-gak lagi ntar malah jadi iya loh” Goda ajie sambil sarapan nasi goring dikelas.
“Sumpah gw beneran gak suka sama machel. Masa gw suka sama machel, gak mungkinlah!” Tampik anggie.
“Mungkin aja”.
“Tapi waktu pernah pas gw duduk deket gw. Gw ngrasa ada yang aneh sama sikap dia ke gw. Terus pas gw jalan rame-rame sama teman les gw. Dia perhatian banget. Tapi gw jadi risih, juga gak enak sama oliv. Kalau gw suka sama dia, berarti gw teman makan teman” kata anggie
“Iya juga sich. Tapi kalau lo suka dia juga suka sama lo, itu bukan salah lo kali. Teman lo pasti ngerti. Terus kalau lo deket sama si machel, lo pasti gak di gosipin jadian sama doni lagi. Hehehe…Tapi gie mending santai aja, biar waktu yang jawab. Terus lo ikutin apa kata hati lo. Lo kan polos,berarti kata hati lo masih bagus. Masih menuju jalan yang bener” ajie memberi saran
“Hahahaha…pa hubungannya sama polos? Yaudahlah biarin aja dia baik sama gw, ang penting gw gak nyakitin teman gw” kata anggie sambil makan lollipop.
“wiehhh sobat gw bijak juga” ajie heran dengar kata anggie.

“Hay gie…pa kabar? Uda lama gak ketemu” Tanya machel yang tiga minggu gak ketemu dan gak sengaja lewat ditempat yang biasa anggie dan teman-temannya duduk sambil nunggu angkot dan menghampiri anggie.
“Eh machel, kabar gw baik. Lo sendiri gimana? Kok gak masuk-masuk les?” Jawab anggie malu karna ada teman-temannya.
“Hehhehe…gw sibuk sama tugas disekolah. Gw pinjam catatan lo iya, bolehkan?” machel senyum.
“Emang lo kapan masuk lagi?”
“Besok gw masuk kok. Btw lo kenal sama ocha iya?” jawab machel.
“Iya gw kenal, kenapa? Dia satu sekolahan sama lo kan. Btw mau minum? Tapi bayar sendiri. Hehehe…” jawab anggie sambil becanda.
“Gak kenapa-kenapa.”
Tiba-tiba doni lewat, waktu machel sama anggie lagi ngobrol berdua. Wajahnya doni keliatan kesel.
“Gie…jangan mau sama cwo yang sok kecakepan plus sok jual mahal” teriak cindy sambil menyindir doni yang sedang beli minuman diwarung tempat anggie dan teman-teman duduk-duduk, cindy teman sejak di SD.
“That’s right friend…”
Merasa di sindir doni langsung pergi dengan wajah yang kesal. Setelah kejadian itu anggie dan doni tetep seperti orang musuhan. Tapi anggie dan machel semakin dekat, karna anggie berusaha nyomblangin machel dengan oliv. Berbulan-bulan sampai doni dan anggie mau lulus dari SMP, gak ada yang berubah. Mereka tetap diam-daman. Kedekatan machel sama anggie hanya disaat mereka masih les bimbel. Karna anggie merasa gak enak sama oliv temannya yang suka sama machel. Dan setelah itu anggie jarang berkomunikasi sama machel.

Minggu pagi, anggie pergi jalan-jalan perpisahan kelulusan bersama teman satu sekolahnya. Anggie merasa bersalah, karna dia merasa uda merusak persahabatanya dengan doni. Dari rumah anggie uda niat buat minta maaf sama doni. Bagaimanapun caranya karna setelah lulus SMP, dia akan beda SMA.
“Cup…tolong gw dong!!” anggie minta tolong diperjalanan menuju kawah putih, disaat teman-temannya sedang bernyanyi-nyanyi di bus.
“Minta tolong apa gie?” jawab yusuf
“Ntar gw mau ngomong sama doni. Lo kan deket sama dia”
“Caranya?” Yusuf bingung.
“Terserah lo, gw juga gak tau. Heheheheh…” anggie juga bingung.
“Iya dech!! Itu gampang”
“Ochey…thanks yua!” anggie senang.
Sesampainya disana, setiap kelas ngumpul dengan kelasnya masing-masing untuk menyaksikan acara perpisahan yang sudah dibuat guru-gurunya. Anggie gak sabaran buat ngomong sama doni. Matanya hanya tertuju ke doni. Karna waktu yang anggie tunggu-tunggu lama. Setelah acara dari guru-guru, anggie dan teman sekelasnya bikin acara sendiri dan akhirnya mereka foto-foto.
“Jie, tu doni! Gw mw ngomong ney” anggie gak sabaran.
“Yaudah…kita samperin aja” tanggap ajie.
“Gak mau ah, dia masih sama temannya” anggie malu dan deg…deg kan.
“Sabar, santai aja” kata ajie menasihatinnya.

Gak lama kemudian, setelah makan siang.
“Hay gie…mau foto bareng?” ajak doni sedang foto-foto sama temannya.
“Lo ngajak gw?” jawab anggie kaget.
“Iya…kalau lo mau” kata doni sambil senyum dan menghampirin anggie.
“Gak ah, ntar ada yang marah?” jawab anggie bingung
“Siapa yang marah, gak ada yang marah. Mau gak?” doni menyakini anggie.
“Emmm…iya” jawab anggie malu.
Setelah foto-foto, anggie dan doni jalan-jalan.
“Don…gw mau minta maaf yua? Karna selama kita satu sekolah, pas lebaran kita gak pernah maaf-maafan. Gw juga mau tanya, kenapa sich sikap lo selama 3 tahun ini cuek banget sama gw. Jujur gw bingung banget. Apa karna gosip kita pacaran, lo jadi dingin banget sama gw?” Tanya anggie serius, sambil muter-muter ngliat pemandangan dikawah putih.
“Emmm…kenapa yua!! Habis kita itu kan temanan masa kit digosipin kaya begitu. Makanya gw ngindar dari lo, supaya gosip itu ilang. Tapi malah semakin jadi itu gosip. Gw jadian sama ina juga supaya kita gak digosipin lagi. Tapi tetep aja kita digosipin. Gw juga kangen bisa gokil-gokilan sama lo, kalau liat lo sam ajie, gw jadi kangen main sama lo. Sorry yua…sikap gw uda dingin gitu sama lo? Lo gak salah kok, gw yang salah” Doni menjelaskanya.
“Mungkin ini semua karna ke bodohan gw. Dulu di SD gw suka sama cwo, suka-suka gitu doang. Eh gw juga di cengin terus jadian sama tu cwo. Terus gw ngarang cerita, kalau gw gak suka tu cwo tapi gw suka sama lo. Sumpah gw gak sengaja sebut nama lo, habis gw pikir lo gak mungkin ketemu sama teman-teman gw itu. Eh malah kita satu sekolahan. Nah pas MOS lo negor gw, pas ada teman-teman gw. Mereka tanya nama lo, pas uda gw kasih tau nama lo. Si sri langsung bilang, itu pacarnya anggie. Udah dech jadi nyebar gitu. Maaf yua don…?” anggie ngrasa bersalah
“Iya gpp. Terus cwo lo gak marah?” Tanya doni
“Cwo? Gw belum punya cwo kali. Nah lo sama ina gimana tuch?”
“Gw uda putussss…”
“Owh” anggie hanya manggut-manggut.
“Terus cwo yang beneran lo suka sapa? Hayo jangan boong lagi, harus jujur” Tanya doni sambil senyum.
“Heheheh…jujur ney?” anggie kaget.
“Iya anggie citra lestari”
“Lo. Maaf yua?” anggie menundukan kepalanya karna takut doni marah tau yang ebenanya.
“GW…GW gie???” doni tersenyum
“Iya lo”
“Kenapa muka lo jadi orang ketakutan gitu? Emang gw nakutin banget iya, sampai lo gak mau liat muka gw lagi. Anggie citra lestari, gw doni pratama marah sama lo. Kalau lo nolak gw, karna gw juga suka sama lo” kata doni sambil memandangi anggie yang sedang ketakutan.
“Apa??” anggie kaget dan menatap doni
“Gimana? Menjalini persahabatan sekaligus pacaran. Memperbaiki kesalahan karna keegoisan kita selama 3 tahun ini” ajak doni
“Iya gw mau…YOU is my first Love” jawab anggie senang





. . . . .END. . . . .

0 komentar:

Posting Komentar

 

it's my LIFE. Design By: SkinCorner