Kamis, 10 Juni 2010

pelapisan-pelapisan sosial

Selama dalam masyarakat ada sesuatu yang dihargai dan setiap masyarakat pasti mempunyai sesuatu yang dihargainya, maka hal itu akan menjadi bibit yang dapat menumbuhkan adanya system berlapis-lapis dalam masyarakat itu. Barang sesuatu yang dihargai dalam masyarakat itu bisa berupa : uang, benda yang bernilai ekonomi, tanah, kekuasaan, ilmu pengetahuan, dan lain-lain.

Adanya system berlapis-lapis dalam masyarakat dapat terjadi dengan sendirinya dalam proses pertumbuhan masyarakat itu sendiri, tapi ada juga dengan sengaja.

Yang biasa menjadi alas an terjadinya lapisan-lapisan dalam masyarakat yang terjadi dengan sendirinya adalah kepandaian, tingkat umur, sifat keaslian keanggotaan kerabat seorang kepala masyarakat.

Alasan-alasan yang dipakai adalah berlainan bagi tiap-tiap masyarakat :

· Pada masyarakat yang hidupnya dari berburu hewan yang dijadikan alasan utama adalah kepandaian berburu hewan.

· Pada masyarakat yang menetap dan bercocok tanam maka kerabat pembuka tanah dianggap sebagai orang yang menduduki lapisan tinggi.

Ada pila system stratifikasi social yang dengan sengaja disusun untuk mengejar suatu tujuan bersama. Hal itu dapat berkaitan dengan pembagian kekuasaan dan wewenang yang resmi dalam organisasi formal.

Sifat system berlapis-lapis :

  1. tertutup, bersifat tertutup membatasi kemungkinan pindahnya seseorang dari satu lapisan yang lain baik yang merupakan gerak keatas atau kebawah.
  2. terbuka, tiap anggota masyarakat mempunyai kesempatan untuk berusaha dengan kecakapan sendiri untuk naik lapisan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

it's my LIFE. Design By: SkinCorner