Kamis, 10 Juni 2010

publick choice

Public choice adalah penerapan metode-metode ekonomi terhadap bidang politik dengan dua masalah pokok.
Cara pengelolahan alokasi sumber daya. Ada beberapa langkah, yaitu :
a. Altruismen adalah pola alokasi sumber ekonomi atas dasar system yang melibatkan nilai moral.
b. Anarki adalah tindakan tanpa aturan.
c. Pasar adalah tempat transaksi berbagai hal dalam mengalokasikan sumber-sumber ekonomi.
d. Pemerintahan disini merupakan sebagai pembuat aturan ,melaksanakan dan menerapkan sanksi terhadap produksi komoditas public untuk mencegah kegagalan pasar.

Perkembangannya
Pendekatan public choice tidak menolak kepentingan kolektif, juga tidak menolak eksistensi politik. Public choice bisa dijadikan sebagai petunjuk saat pengambilan keputusan untuk menentukan kebijakan yang paling efektif yang sangat erat dengan pemilih partai politik, politisi, birokasi, dan lain-lain.
Public choice bukanlah sebuah objek dari studi tetapi sebuah cara mengamati subjek secara definitif. Logika yang digunakan bersifat penalaran deduktif.

Rent Seeking
Cenderung pada perbuatan merusak. Ada kecenderungan yang lainnya, seperti adanya hokum yang menyokong keistimewaan pasar khusus kepada orang-orang dengan mengambil keutamaan orang lain, dan adanya hokum pembagian kekayaan.
Istilah ini beasal dari “rent monopoly” yaitu pendapatan yang dihasilkan karena dia bisa menagih suatu harga monopoli. Monopoli dinilai dengan dua aspek yaitu menguntungkan dan merugikan. Yang menguntungkan konsumen karena menimbulkan kegiatan berwiraswasta, sedangkan yang merugikan yaitu bila penjual tunggal brtujuan menaikkan harga. Monopoli rent adalah imbalan bagi perusahaan yang memperoleh keuntungan jauh lebih besar dibandingkan saaat memperoleh monopili tersebut.
Dalam rangka mengambil ide dari redistribusi rent seeking ,ada contoh beberapa :
• Pembayaran pajak
• Konsumen dari barang lokal yang bersifat umum dapat membujuk kaum legislative untuk menggantikan belanja dari barang lokal yang bersifat public.
• Para penyuplai barang untuk umum dapat saja memberikan sumbangan untuk kampanye.
• Dan lain-lain.

Money politic
Istilah ini dapat diartikan sebagai upaya mempengaruhi perilaku orang dengan menggunakan imbalan tertentu atau jual beli suara.

0 komentar:

Posting Komentar

 

it's my LIFE. Design By: SkinCorner