Selasa, 18 Mei 2010

ILMU POLITIK

Menerut pakar Ilmu politik "PETER H ODEGARD dan DAVID EASTON" menyatakan :
bahwa ilmu politik sebagai ratunya ilmu sosial, yang berkedudukan pada peringkat paling atas diantara ilmu-ilmu sosial atau ilmu utuma.

Aristoteles dalam bukunya politik, bahwa secara alamiah manusia adalah makhluk yang berpolitik. Dalam bahasa inggris disebut "man is by nature a political animal", yaitu : bahwa politik merupakan hakekat keberadaan manusia dalam kehidupan masyarakat, yaitu jika dua orang atau lebih berinteraksi satu sama lain maka mereka tidak lepas dari keterlibatan dalam hubungan yang bersifat politik.

Contohnya :
Begitu manusia meninjau status dan kedudukan didalam masyarakat, dalam berusaha mencapai suatu tingkat keamanan bagi dirinya dari sumber-sumber daya yang tersedia baik secara ekonomi maupun dari segi sosiologi. Mulai dari hasrat untuk memperoleh pekerjaan, sampai untuk menempatkan dan memiliki tempat tinggal yang baik pada lingkungan yang sesuai dangan selera dan keinginan, sampai mencoba mengarahkan orang lain untuk menerima pendapatannya. Semuanya itu pada hakekatnya melibatkan manusia itu kedalam halihwal politik bersifat politik.

Oleh karena itu politik pada hakekatnya adalah bagian dari pada umat manusia baik sadar atau tak sadar tiap manusia adalah melakukan hal yang bersifat politik, serta berada dalam lingkungan yang disebut sistem politik.

Ilmu politik adalah mempelajari gejala politik yang menyangkut hal-hal dasar yang terdapat didalam interaksi kehidupan masyarakat.


OBJEK ILMU POLITIK ...

politik berlangsung pada lingkungan yang disebut "sistem politik". Sedangkan ilmu politik adalah ilmu untuk terapakan dalam menganalisa interaksi dalam sistem politik, kegunaannya adalah untuk memahami apa yang terjadi.

Perkembangan ilmu politik ...
Ilmu politik lahir di YUNANI, dengan tokoh PLATO, ARISTOTELES, THUYCIDIDES.
Kemudian berlanjut pada jaman Romawi dengan tokoh polybius dan cirero lalu dibangkitkan kembali oleh NICCO MACHIAVELLI di italia.
Sebelum dibahas di perancis , dimantapkan di inggris dan jerman sampai pada akhirnya diakui dan berkembang pesat sebagai disiplin ilmu mandiri di Amerika Serikat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

it's my LIFE. Design By: SkinCorner