Minggu, 23 Mei 2010

Politik dan Pertumbuhan ekonomi

Pertumbuhan ekonomi biasanya dilihat sebagai suatu variabel endogen yang ditentukan oleh variabel-variabel ekonomi eksogen,yang bersama gengan satu atau dua instrumen variabel dapat dimanipulirdengan menggunakan kebijakan ekonomi.
Dalam teori ekonomi ada model pertumbuhan yang memprediksikan perubahan ekonomi atas dasar variabel-variabel ekonomi seperti :
- tabungan dan investasi
- penawaran tenaga kerja
- rasio model output
- kemajuan teknologi produksi
- perdagangan

Dalam teori pilihan publik (public choice theory), menembus kontroversi antara berbagai model pertumbuhan dengan menegaskan bahwa politik itu benar-benar penting.
Teori ini dipandang sebagai komoditi publik yang ditandai oleh adanya masalah parasit.

Faktor-faktor politik mempengaruhi pertumbuhan ekonomi melalui dua mekanisme :
1. melalui kebijakan-kebijakan tertentu yang diberlakukan pemerintah pada berbagai
periode.
2. faktor politik membentuk iklim politik yang mewarnai faktor-faktor ekonomi
penentu pertumbuhan.

Sklerosa institusional merupakan determinan (faktor penetu) yang bersifat negatif bagi pertumbuhan ekonomi. Sifat dasar rezim demokratis atau otoriter ternyata tidak berpengaruh dan tidak ada petunjuk bahwa ada suatu keterkaitan antara kekuatan sosialisme dengan tingkat pertumbuhan.
Dampak faktor-faktor politik terhadap satu variabel penting di pertumbuhan ekonomi yaitu fungsi investasi.
Dengan kata lain, pendapatan bahwa sklerosa institusional mempengaruhi tingkat pertumbuhan ekonomi rata-rata suatu negara merupakan suatu hal penting dalam perkembangan pesat dalam interaksi antar politik dan ekonomi.
Menegaskan bahwa struktur politik berkaitan erat dengan sistem ekonomi. Selain itu pertumbuhan ekonomi ternyata bertolak dari kekuatan-kekuatan yang tidak sepenuhnya bisa di dikte oleh kekuatan politik.

0 komentar:

Posting Komentar

 

it's my LIFE. Design By: SkinCorner