Minggu, 01 Januari 2012

ANALISIS SUMBER DAN PENGGUNAAN DANA

Analisa sumber dan penggunaan dana seiring juga di sebut dengan analisa aliran dana. Hal ini merupakan alat analisa financial yang sangat penting bagi manajer keuangan. Analisa aliran dana tersebut akan dapat diketahui dari mana datangnya dana dan untuk apa dana tersebut digunakan.

Langkah awal analisa aliran dana adalah penyusunan laporan perubahan neraca, dengan bantuan dari laporan laba ditahan. Analisa tersebut akan dapat disusun berdasarkan artian kas dan modal kerja.

A. Dana dalam artian kas

Langkah –langkah dalam menyusun laporan sumber dan penggunaan dana :

o Menyusun laporan perubahan neraca

o Mengelompokan perubahan-perubahan tersebut dalam golongan mana, yang memperbesar kas dan memperkecil kas.

o Mengelompokan laporan laba ditahan kedalam golongan yang memperbesar kas dan memperkecil kas

o Semua informasi tersebut dimasukan ke dalam laporan sumber dan pengggunaan dana

Yang termasuk sumber dana dalam artian kas adalah yang masuk dalam kredit, sedangkan dalam penggunaan dana dalam artian kas adalah yang termasuk dalam debit.

B. Dana dalam artian modal kerja

Perubahan akan terjadi jika ada perubahan unsure-unsur Non current (aktiva tetap utang jangka panjang dan modal sendiri). Yang dapat memperbesar modal kerja sebagai sumber modal kerja, sedangkan yang mengurangi modal kerja sebagai penggunaan modal kerja. Jika sumber > penggunaan maka akan menambah modal kerja, tapi sebaliknya jika penggunaan > sumber maka akan mengurangi modal kerja dan jika sama tidak ada perubahan modal kerja.

0 komentar:

Posting Komentar

 

it's my LIFE. Design By: SkinCorner