Senin, 03 Januari 2011

Ekonomi koperasi

Berbagai hubungan dalam koperasi

Tiga hubungan yang terpenting dalam lingkungan koperasi, yaitu :

a. Hubungan Kepemilikan

Menunjukan besarnya peranan anggota dalam koperasi, artinya anggota adalah pemilik perusahaan koperasi. Sebagai pemilik anggota mempunyai kewajiban dan hak tertentu terhadap koperasi.

Kewajiban dan hak pribadi adalah kewajiban dan hak dalam kehidupan kegiatan koperasi. Ini semuanya sama bagi semua anggota dan tidak dapat dihilangkan dari seseorang anggota selama menjadi anggota koperasi.

Kewajiban dan hak keuangan adalah yang berhubungan dengan keikutsertaan keuangan anggota dalam harta kekayaan dan dana koperasi.

Kewjiban dan hak ini timbul hanya antar anggota dan koperasi, tidak antarasesama anggota.

Setiap anggota mempunyai kepentingan untuk memanfaatkan fasilitas yang disediakan koperasi,bila pemanfaatan fsilitas secara regular tidak memberikan hasil dalam memajukan kepentingan ekonomis para anggota. Maka anggota harus bertindak :

· Menimbulkan suatu perubahaan dalam hal pengolahan badan usaha koperasi

· Membubarkan koperasi mereka

· Mengundurkan diri dari koperasi karena tidak menguntungkan

· Mempersatukan koperasi mereka dengan koperasi lain agar terbentuk unit ekonomi yang dapat hidup terus guna kemajuan anggotanya.

b. Hubungan Pelayanan

Ini muncul karena fakta bahwa anggota di samping sebagai pemilik juga sebagai pelanggan utama koperasi. Bentuk pelayanan koperasi terhadap anggota melalui bisnis antara usaha anggota dengan badan usaha koperasi.

Ada 2 faktor utama yang mengharuskan koperasi meningkatkan pelayanan kepada anggotanya :

· Adanya tekanan persaingan dari organisasi lain

· Perubahaan kebutuhan manusia sebagai akibat perubahan waktu dan peradaban

c. Hubungan Pasar

1. Pasar barang

Pasar ini menggambarkan pertemuan antara permintaan dan penawaran akan barang. Koperasi bergerak dalm pasar ini dengan cara menawarkan barang hasil produksi koperasi atau angggota dan melakukan permintaan akan produk yang dibutuhkan koperasi atau anggota.

Pada koperasi yang terintegrasi, pasar barang ini dapat menjadi sasaran pokok dalam menjual produk yang dihasilkan oleh tingkat koperasi yang paling tinggi. Contohnya : koperasi trsier yang menghasilkan produk massa.

2. Pasar Tenaga Kerja

Pasar ini menggambarkan pertemuan antara permintaan dan penawaran tenaga kerja dan menghasilakan konsep upah dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan.

Koperasi sebagai badan usaha yang membutuhkan tenaga kerja untuk kegiatan operasional, maksudnya tenaga kerja yang terlepas dari keanggotaan koperasi.

3. Pasar Uang

4. Pasar Modal

Koperasi masuki pasar modal sangatlah jarang, karena bukan kumpulan modal tetapi kumpulan orang-orang atau badan hukum.

Tetapi bukan berarti koperasi tidak dapat masuki pasar ini. Misalnya, koperasi membeli surat-surat berharga dipasar modal jika ada dana menganggur dan untuk sementara tidak dapat diinvestasikan dalam proses produk di unit usaha koperasi.

5. Pasar Luar Negeri

Menggambarkan hubungan antara permintaan dalam negri akan produk impor dan penawaran dalam negeri akan produk ekspor. Pemerintah menganjurkan supaya koperasi untuk bergerak dalam pasar ini, maksudnya melaksanakan kegiatan ekspor impor.


referensi : " Hendar Kusnadi", ekonomi koperasi, edisi kedua, FE ui

0 komentar:

Posting Komentar

 

it's my LIFE. Design By: SkinCorner