Minggu, 09 Januari 2011

alasan....

ALASAN MEJADI ANGGOTA KOPERASI

Mengapa seseorang memilih menjadi anggota koperasi???

Jawabannya adalah karena mengaharapkan manfaat dari koperasi.

Diibaratkan, seseorang lebih menyukai satu buah jeruk daripada tiga buah apel. Berarti menurut seseorang tersebut satu buah jeruk itu memberikan manfaat lebih besar bagi orang tersebut dibandingkan tiga buah apel.

Setiap orang memilih menjadi anggota koperasi, karena didasari kebutuhan yang dapat diperoleh dari koperasi.

Dari segi ekonomi, kebutuhan fisiologis yang harus utama dipenuhi, misalnya makan dan minum. Sedangkan dari segi non ekonomi adalah kebutuhan cinta kasih, penghargaan, keamanan dan aktualisasi diri.

Setiap anggota mengharapkan sesuatu manfaat dari koperasi, seperti :

pemasaraan hasil produksi yang dihasilkan anggota dengan nilai jual yang tinggi atau stabil, dan penyediaan kebutuhan konsumsi dengan harga yang murah ”. Jadi manfaat menjadi anggota koperasi diukur dengan membedakan jika kita menjadi anggota koperasi dengan kita menjadi anggota organisasi yang lain.

Efek koperasi menurut Ropke :

koperasi harus mampu bertahan melawan pesaing dan harus mampu merangsang anngotanya untuk berpartisipasi dalam pencapaian prestasi ”.

Manfaat menjadi anggota koperasi dapat benar-benar kita rasakan jika kita sudah menjadi anggota koperai. Karena bukan dari teori saja kita mengetahui manfaat koperasi, tetapi harus dengan praktek atau harus terjun langsung.

Manfaat koperasi tidak secara instan dapat kita peroleh, tetapi harus diperjuangkan.

Referensi: ““Hendar kusnadi, ekonomi koperasi, FE UI

0 komentar:

Posting Komentar

 

it's my LIFE. Design By: SkinCorner