Sabtu, 05 November 2011

PROSES AKUNTANSI

Dalam proses akuntansi , ada kegiatan akuntansi yang meliputi :

1. Pengidenfikasian dan pengukuran data relevan untuk pengambilan keputusan

2. Pemrosesan data dan kemudian pelaporan informasi yang dihasilkan

3. Pengkomunikasian informasi kepada pemakai laporan



Identifikasi dan Pengukuran data

Data yang relevan untuk keputusan terdiri dari transaksi-transaksi dan kejadian dalam perusahaan . Satuan pengukuran yang tepat dalam akuntansi adalah satuan uang.



Proses dan Pelaporan

Proses dan pelaporan data mencakup kegiatan pencatatan, penggolongan dan pengikhtisaraan. pencatatan (recording) transaksi berarti mengumpulkan data secara kronologis. Disamping dicatat, transaksi perusahaan sekaligus digolong-golongkan dalam kategori yang berhubungan. Penggolongan (classifying) transaksi penting agar penyajian dapat ringkas. Pengikhtisaran (summarizing) adalah menyajikan informasi yang telah digolongkan kedalam bentuk laporan.



Laporan Akuntansi

Laporan akuntansi (accounting report) yang dihasilkan oleh suatu sistem akuntansi banyak macam ragamnya. Jenis laporan yang dihasilkan tergantung pada pihak-pihak yang akan menggunakan laporan tersebut.



Analisis dan Interprestasi

Agar berguna dalam proses pengambilan keputusan, laporan akuntansi perlu dianalisis dan diinterprestasikan. Analisis laporan keuangan pada hakikatnya adalah mnghubungkan angka-angka yang terdapat dalam laporan keuangan dengan angka lain atau menjelaskan arah perubahaannya. Interprestasi laporan keuangan menghubungkan angka-angka yang terdapat dalam laporan keuangan, termasuk hasil analisisnya, dengan keptusan usaha yang akan diambil.



Reverensi : Akuntansi suatu pengantar, Soemarso S.R

0 komentar:

Posting Komentar

 

it's my LIFE. Design By: SkinCorner